Cara Mencegah Kanker Anus

Cara Mencegah Kanker AnusKanker anus adalah jenis kanker yang terjadi pada bagian anus atau saluran anus. Kanker anus umumnya jarang terjadi dan tumbuh secara tidak terkontrol. Untuk mengetahui apa saja cara mencegah kanker anus mari kita simak ulasannya dibawah ini.

Kanker anus merupakan suatu kondisi penyakit yang disebabkan karena mutasi genetik yang terjadi pada anusyang menyebabkan sel normal menjadi tidak normal. Pengobatan kanker anus biasanya akan diberikan tergantung pada stadium kanker yang dideritanya.

Cara Mencegah Penyakit Kanker Anus

Kanker anus seringkali dikaitkan dengan infeksi virus, yaitu Human Papilloma Virus. Meskipun demikian, tidak setiap orang yang menderita infeksi HPV akan mengalami kanker anus. HPV menghasilkan protein yang dapat menonaktifkan tumor dalam sel normal sehingga protein ini tidak aktif, dan dapat berubah menjadi kanker.

Untuk menurunkan resiko terjadinya kanker anus berikut adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan :

  1. Melakukan vaksinasi HPV ( Human Papilloma Virus ).
    Vaksinasi adalah salah satu cara yang dianggap efektif untuk mencegah mencegah inkubasi virus di dalam tubuh manusia, termasuk HPV. Untuk mencegah terjadinya infeksi HPV yang dapat memicu terjadinya kanker anus sebaiknya dilakukan vaksinasi HPV baik pada laki-laki atau pada perempuan.
  2. Melakukan aktivitas seksual yang lebih sehat dan aman.
    Penting bagi anda untuk sellau melakukan hubungan seksual yang sehat dan aman untuk mencegah terjadinya infeksi berbahaya yang dapat ditularkan melalui hubungan seksual. Untuk melakukan hubungan seksual yang aman sebaiknya anda hindari untuk mengganti-ganti pasangan. Untuk menghindari infeksi HPV pada anus anda juga bisa menghindari seks anal, jika anda berniat untuk melakukannya sebaiknya gunakan kondom.
  3. Berhenti merokok.
    Merokok memanglah salah satu cara yang bisa anda gunakan untuk mencegah terjadinya kanker anus karena jika anda masih merokok hal ini akan lebih rentan terhadap masuknya infeksi termasuk infeksi HPV. Selain itu juga merokok merupakan salah satu penyebab kematian terbesar yang cukup besar didunia.

Demikian penjelasan tentang cara mencegah penyakit kanker anus semoga bermanfaat dan semoga informasi yang kami berikan bisa membantu anda untuk mencegah kanker anus dari sekarang karena sebaik-baiknya mencegah adalah lebih baik daripada mengobati.

Tinggalkan komentar